HARUS KUAT SUSPENSINYA !!! Inilah Kelemahan Yang Ada Pada Mobil Penggerak Roda Depan

HARUS KUAT SUSPENSINYA  !!! Inilah Kelemahan Yang Ada Pada Mobil Penggerak Roda Depan

Kendaraan mitsubishi xpander merupakan kendaraan dengan penggerak depan sehingga lebih nyaman dalam hal akselerasi karena langsung berhubungan dengan tarnsmisi.Transmisi langsung masuk kemesin tanpa ada penghubunga seperti propeler shaft untuk ke bagian gardan.

 

Dengan adanya engine penggerak depan maka suspensi depan harus lebih kuat karena harus menopang engine bersama transmisinya.Banyak kendaraan yang berjalan dengan kecepatan tinggi melewati jalan rusak.Itu akan berakibat pada suspensi dan tentunya juga pada engine dan transmisinya.

 

Mengapa berakibat pada engine dan transmisinya karena engine mounting atau transmisi mounting akan menjadi gerak dan kemungkinan  akan pecah.Jika sudah pecah maka kendaraan akan getar saat angkatan pertama atau body getar saat ac dinyalakan.

 

Dengan suspensi depan mengenai jalan berlubang dengan kecepatan tinggi bisa mengakibatkan ban pecah.Velg retak dan juga pada suspensi akan cepat bocor.Karena dengan hentakan spontan maka kerja dari shock absorber menjadi lebih berat.Seperti di dorong dengan tekanan besar dan secara cepat.

 

Seal shock absorber akan rusak dan akhirnya oli keluar dari samping as shock dan sealnya.Akan terjadi basah disekitar shock absorbernya.Jika sudah rembes dan bocor maka steering akan menjadi tidak stabil terutama saat kendaraan belok di jalan tikungan dengan kecepatan tinggi.

 

Jika sering melewati jalan yang berlubang maka kerja dari bearing roda juga akan berat.Bisa cepat kendor dan rusak sehingga perlu dilakukan pemeriksaan.Dengan cara roda diangkat kemudian roda dikocak-kocak ke atas dan kebawah.Jika terjadi kocak maka kendaraan akan mbengung ketika kendaraan dibuat jalan.


Info service Kerusakan yang sering terjadi pada transmisi truck canter

 

Mbengung ini akan suaranya semakin keras ketika kendaraan kecepatan kendaraan semkin tinggi.Meskipun kendor untuk bearingnya bisa distel terlebih dahulu dan jika distel masih kendor maka harus ganti bearing.


 

Selain komponen itu yang akan cepat rusak jika sering melewati jalan berlubang juga akan berakibat tie rod,ball joint akan umurnya lebih pendek.Cepat aus dan juga kocak dan akhirnya nanti kendaraan saat melewati jalan gelombang muncul bunyi kletek-kletek abnormal.


Baca juga Fungsi water separator pada engine diesel

 

Jika melewati jalan berlubang sebaiknya lebih dipelankan kendaraan karena akan merusak komponen kendaraan.Memang tidak secara langsung namun akan lebih cepat rusaknya dibandingkan dengan kendaraan yang melewati jalan normal.

Share This :