JANGAN SAMPAI TEKOR !!! Cara Pemeriksaan Tegangan Pengisian Dari Dinamo Amper Pada Mobil

JANGAN SAMPAI TEKOR !!! Cara Pemeriksaan Tegangan Pengisian Dari Dinamo Amper Pada Mobil


Aki atau battery pada mobil itu sangat penting sekali.Karena jika tidak ada aki maka engine tidak dapat di starter untuk menghidupkan engine waktu pertama kali.Dimana untuk aki yang merupakana barang electronic tidak bisa diprediksi kapan rusaknya.

Sebagian orang sering mengelukan tentang battery atau aki pada kendaraan yang tekor.Tiba-tiba engine tidak kuat starter dan pada akhirnya mogok.Harus ganti battery baru agar kendaraan dapat digunakan kembali.Sehingga perawatan pada battery perlu dilakukan agar awet dan umurnya lama.

Akan tetapi kerusakan tidak semerta dari battery itu sendiri.Karena jika sudah diganti battery setelah beberapa hari ternyata mogok lagi tidak kuat starter.Untuk itu kita harus periksa dinamo amper atau sering disebut bahasa teknik adalah Alternator.

Alternator merupakan komponen kelistrikan untuk mengalirkan arus ke battery untuk proses charging.Ketika tegangan battery dipakai untuk system kelistrikan engine dan lampu-lampu misalnya maka tegangan dibbatery akan semakin lama berkurang.Untuk itu adanya charging oleh alternator.

Untuk memeriksa apakah alternator itu normal bisa anda lakukan sendiri dirumah dengan menggunakan sebuah alat yang namanya volt meter.Dinamo amper itu bisa rusak karena over charge atau under charge.Dimana jika under charge maka pengisian battery akan berkurang dan terlambat yang akhirnya system kelistrikan akan tekor.

Jika under charge maka indikator battery yang ada di dascboard akan muncul.Jika indikator ini muncul saat engine sudah menyala maka harus waspada bahwa pengisian tegangan dari battery tidak ada.

Berbeda untuk over charge yaitu tegangan yang dikirimkan ke battery lebih dari kapasitasnya sehingga battery akan cepat rusak dan panas.Cara pemeriksaan sebagai orang yang awam terhadap otomotif atau bahkan baru belajar maka dengan artikel kali ini yang saya tulis semoga bisa membantu.

Gunakan volt meter dan periksa lokasi alternator pada mobil.Ada sebuah kabel besar biasanya berwarna putih itu adalah kabel output dari dinamo amper yang masuk ke battery.Kita pasangkan volt meter kabel warna merah kemudian warna hitam di tempelkan ke ground.

Baca juga Inilah Penyebab transmisi alot susah masuk gigi pada mobil

Hasil pembacaan volt meter menandakan tegangan yang keluar dari alternator.Untuk kendaraan biasanya adalah 13-14 volt.Ketika rpm dinaikan dengan cara digas sampai didapat rpm 2500 maka tegangan yang keluar maksimal adalah 14,7 volt.

Jika terlalu tinggi tegangan yang keluar misalkan lebih dari 15 volt maka hal tersebut adalah terjadi over charge.Berbeda jika tegangan saat digas kurang dari 13 volt maka hal itu adalah under charge.

Info service Fungsi lubang di chasis kendaraan mitsubishi colt L300 pickup

Sangat mudah bukan cara pemeriksaannya untuk kendaraan anda dirumah.Jika terjadi over charge maka sebaiknya bawa kendaraan ke tukang dinamo untuk proses pemeriksaan lebih lanjut.Apakah kerusakan karena brush yang sudah aus atau kerusakan dari ic alternator.

Share This :