MINYAK REM MOBIL !!! Pentingnya Komponen Ini Agar Selalu Di Periksa Secara Berkala Di Mobil

MINYAK REM MOBIL !!! Pentingnya Komponen Ini Agar Selalu Di Periksa Secara Berkala Di Mobil

Dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang rem di kendaraan.Khususnya rem mobil yang menggunakan system hidrolik.Ada sebuah minyak rem,master rem dan juga wheel cylidner nanti komponen yang ada dikendaraan.

Kendaraan dengan system rem hidrolik sangat penting kita harus mengetahuinya.Karena sering terjadi laka lalu lintas dikarena system rem yang bermasalah.Rem yang ambles atau terjadi kebocoran sehingga rem menjadi los.Tidak bekerja rem nya sehingga kendaraan tidak bisa berhenti.

Kejadian sudah banyak sehingga dalam artikel ini saya akan menginfokan tentang pentingnya minyak rem pada mobil.Jadi untuk minyak yang kotor maka akan membuat seal menjadi cepat rusak.Seal yang terbuat dari bahan karet dengan terkena minyak rem yang sudah lama maka bisa memuat seal semakin mengeras dan kempes.

Dalam hal ini membuat lapisan dengan rumah remnya akan tidak rapat.Sehingga terjadi rembesan yang lama kelamaan nenbuat rem menjadi tidak berfungsi dengan baik.Banyak sekali dari pemilik kendaraan yang jarang memeriksa minyak rem di mobil.Kalau ingin melihat tempatnya sebelah mana yaitu ada dibagian mesin sebelah kanan.

Karena rem ada dikanan maka reservoir minyak rem juga ada dikanan.Lihat kondisi minyak remnya apakah sudah berubah warna menjadi hitam.Yang jika minyak rem masih bersih yaitu berwarna putih kekuning-kuningan.Juga periksa jumlahnya pakah masih dalam batas atau berkurang.Apabila berkurang menandakan bahwa ada rembesan atau kebocoran di bagian roda atau bagian yang lain.

Untuk penggantian minyak remnya dilakukan setiap 40.000 kilometer.Jadi diganti secara berkala setiap kilometer tersebut.Meskipun sudah tercapai kilometer tersebut dan warna dari minyak rem masih bagus maka tetap harus diganti.Karena dari sisi kimiawi dari minyak rem akan berubah.

Baca juga Salah satu penyebab ban roda depan cepat aus di mobil

Minyak rem yang sudah berubah warna menjadi coklat maka sebaiknya segera diganti.Bisa saja itu sudah tercampur dengan kadar air.Jika demikian maka fungsi rem akan berubah sehingga pengereman akan menjadi tidak normal.

"Pasang Smartchip Di Pajero Sport"

Warna masih bagus akan tetapi senyawa kimiawi yang berubah dan bisa menyebabkan vapour lock di system rem.Vapour lock yaitu ketika rem digunakan secara terus menerus maka akan menjadi panas dan merubah fungsi minyak rem.Sehingga rem tidak berfungsi dengan baik terutama pada jalan turunan.

Info service Fungsi penting pompa bahan bakar electric pada mobil injeksi

Maka untuk itu ganti minyak rem secara berkala sehingga kendaraan tetap dalam kondisi yang prima.Rem berfungsi dengan baik dan nyaman digunakan untuk perjalanan.Minyak rem yang berkurang juga bisa menjadi tanda adanya kebocoran di system rem sehingga bisa langsung di service agar tidak terjadi kerusakan dijalan.

Share This :