Jangan Tidur Didalam Mobil Dalam Kondisi AC Menyala,Ini Bahayanya

Jangan Tidur Didalam Mobil Dalam Kondisi AC Menyala,Ini Bahayanya

Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan masyarakat Indonesia adalah tidur di dalam mobil dalam kondisi mesin dan ac menyala.Perlu diketahui bersama ternyata bahaya tidur di mobil bisa menyebabkan kematian karena kekurangan oksigen didalam tubuh.

Cukup banyak kejadian pemilik mobil meninggal di dalam mobil ketika sedang tidur, lantas mengapa hal tersebut berbahaya.Karena sering sekali pemilik kendaraan tidur dengan kondisi mesin menyala dengan AC dan kaca mobil dalam kondisi tertutup.
Apabila ada gas buang kendaraan bocor dan masuk ke area kabin dan terhirup orang yang sedang tidur, maka hal tersebut sangat berbahaya untuk tubuh.Maka sebaiknya kaca mobil selalu dibuka meskipun sedikit agar ada sirkulasi udara didalam kabin.
Bahwa hanya butuh satu jam untu seseorang mati lemas bila kadar oksigen di dalam kabin mnegalami penurunan yang disebabkan oleh meningkatnya akumulasi gas karbon monoksida di kabin.Karena jika kaca tertutup maka gas buang akan sirkulasi hanya didalam kabin dan terhirup orang yang tidur didalam mobil.Berbeda jika ada sirkulasi udara luar maka kemungkinan kecil hal ini terjadi.
Meskipun hal tersebut dilakukan dengan kondisi kaca dibuka sedikit, bukan tidak mungkin kadar CO meningkat sedikit dan menurunkan kadar oksiden dalam darah yang menyebabkan tubuh kehilangan cairan. Untuk itu bahaya tidur di mobil perlu diminimalisir agar tidak ada korban akibat keracunan gas karbon monoksida.
Berbeda kondisi dengan kondisi sedang mengemudi atau mobil berjalan tidak keracunan CO. Hal tersebut karena dalam kondisi sadar bila temperatur berubah atau napas kurang nyaman, bisa melakukan tindakan seperti membuka jendela.
Bagaimana jika kondisi mesin mati sementara kaca jendela terbuka.Hal ini bisa dibilang aman jika posisinya di dalam parkiran basement, namun bahaya tidur di mobil diakibatkan sirkulasi udara di dalam ruangan yang kurang baik sehingga kadar gas karbon monoksida tinggi.
Untuk itu, Jika Anda merasa benar-benar mengantuk saat mengendarai kendaraan sebaiknya istirahatlah di tempat yang aman seperti rest area.Jangan didalam mobil dengan kondisi mesin menyala dan ac hidup.
Share This :