Cara Mudah Merawat Karet Wiper Mobil Agar Tidak Cepat Mengeras / Rusak

Cara Mudah Merawat Karet Wiper Mobil Agar Tidak Cepat Mengeras / Rusak


Karet wiper berfungsi untuk membersihkan sisa kotoran yang nempel dikaca.Juga berfungsi untuk menyapu air ketika keadaan sedang hujan sehingga driver atau pengemudi tetap bisa melihat kondisi jalan waktu kendaraan berjalan.Karet wiper sendiri dihubungkan dengan sebuah linkage ke motor wiper.

Untuk motor wiper berputar sehingga akan mengerakan lingkage dan wiper arm nya kekanan dan kekiri untuk membersihkan kaca.Ketika musim penghujan wiper ini sangat penting sekali kegunaanya karena tanpa wiper kaca tidak akan terbebas dari air hujan.Pandangan tidak akan jelas karena terhalang oleh air hujan.Maka dengan adanya wiper maka air yang netes dikaca akan disapu dengan bersih oleh karet wiper tersebut.

Berbeda dengan kondisi kemarau yang wiper ini jarang sekali atau hampir tidak pernah digunakan.Karena musim kemarau kaca hanya ada debu sehingga cukup dengan dilap atau dibersihkan dengan tekanan angina maka sudah hilang debunya.Namun karena jarang atau hampir tidak pernah dipakai maka wiper ini bisa jadi terjadi kerusakan.

Terutama di bagian yang berhubungan dengan motor wiper dan lingkagenya.Lingkage menjadi macet dan akhirnya motor wiper tidak bekerja ketika saat dibutuhkan terutama saat musim penghujan.Hal yang sering terjadi kerusakan adalah pada karet wiper itu sendiri.Karena bahan terbuat dari karet maka elastisitasnya bisa berubah yang aslinya lentur menjadi keras.

Akibatnya saat masih baru dan karetnya lentur maka dapat menyapu kotoran atau air di kaca mobil dengan bersih.Saat karet sudah berubah elastisitasnya atau berubah menjadi keras maka tidak dapat membersihkan kaca depan dengan sempurna.Masih ada kotoran atau sisa air yang tidak tersapu dengan bersih.

Jika hal ini terjadi maka karet wiper sudah tidak bisa diperbaiki.Harus ganti assy bersama batangnya atau armnya.Ada juga yang menyediakan hanya karet wipernya saja tergantung dari merk beberapa spare part wiper.Mengantisipasi agar karet wiper selalu awet dan tidak cepat mnegeras pada karetnya yaitu dengan cara mudah dan gampang kita lakukan.

Sebenarnya untuk karet wiper itu bersama armnya nempel di kaca depan.Baik itu kendaraan diam parkir atau saat jalan.Nah disini mungkin banyak yang kurang mengerti tentang karet wiper ini.Ketika kendaraan diparkir ditempat yang panas maka kaca depan akan terasa panas juga.Karet wiper yang nempel dikaca depan juga akan tersalurkan cuaca panas tadi.Panas dari matahari ke kaca mobil dan merambat ke karet wiper kendaraan.




Pada kondisi ini setiap hari dan hampir berbulan-bulan selama musim kemarau tidak digunakan dan selalu nempel di kaca depan.Maka akan membuat karet wiper mengeras karena efek panas dari kaca mobil.Untuk itu saat kendaraan diparkir di posisi yang panas sebaiknya lakukan pelepasan wiper arm terhadap kaca.

Wiper arm diposisikan ke atas tegak agar tidak menempel ke kaca mobil.Pada wiper arm ada sebuah sambungan yang bisa di gerakan untuk berdiri agar tidak menempel ke kaca mobi.Dengan cara ini maka panas dari kaca tidak akan merambat ke karet wiper kendaraan.Karet akan lebih awet dan ke elastisitasnya akan terjaga.Sehingga karet wiper masih dapat membersihkan kaca depan mobil dengan bersih.

Karet wiper dapat pada beberapa kendaraan dapat diganti hanya pada karetnya saja sedangkan untuk lingkagenya masih bisa digunakan.Jadi lebih heman untuk anggaran biaya service ganti spare partnya.Untuk harga karetnya saja lebih murah dibandingkan dengan beli set dengan lingkage wiper.


Banyak dijual dipart shop model wiper yang beraneka ragam.Untuk jenis mobil tertentu tidak bisa dipakai dikendaraan lain karena beda ukuran dan dimensi.Baik itu panjang dan dudukanya dari rumah wipernya.Biasanya yang dijual dipart shop itu universal jadi bisa dipasang di kendaraan apapun asalkan panjang dan dapat menyapu pas diposisi kaca kendaraan.
Share This :