Cara merawat komponen kopling mobil secara mudah dan tepat

Cara merawat komponen kopling mobil secara mudah dan tepat

Dari beberapa komponen dan fungsi yang telah disebutkan untuk system kopling maka disini juga akan dijelaskan mengenai cara sederhana untuk merawat komponen kopling mobil supaya lebih awet dan tidak mudah aus. Sebelum mengetahui cara merawat kopling perlu diketahui terlebih dahulu penyebab kopling cepat aus atau rusak, yaitu :
1.Meletakkan kaki pada pedal kopling secara terus menerus pada saat mobil dalam keadaan melaju karena akan mengakibatkan keausan pada plat matahari kopling pada clutch cover dan release bearing.Untuk itu saat kendaraan melaju wajib kaki kita harus diturunkan dan di taruh di atas kabain.Tidak boleh terus menempel di pedal kopling karena bisa menyebabkan kopling cepat aus.

2.Ketika sedang berada pada jalan yang menanjak alangkah baiknya tidak menggunakan teknik setengah kopling, karena plat kopling akan lebih cepat tipis dan akan berumur pendek. Lebih baik menggunakan hand rem atau menggunakan rem tromol.

Hal seperti ini wajib diketahui oleh para driver agar kopling tidak cepat aus.Karena ketika jalan menanjak dan posisi macet maka kerja kopling akan menjadi lebih berat.Ketika salah penggunaan kopling di jalan macet menanjak maka akan membuat kopling cepat aus.

3.Tidak melepas kopling dengan kasar, karena akan mengakibatkan keausan pada plat kopling, plat kopling yang tidak rata akan menyebabkan kopling bergetar.Jika sudah demikian maka akan terasa getaranya sampai ke kabin.Sehingga akan terasa tidak nyaman saat kendaraan di kendarai sehari-hari.

Jika sudah demikian maka harus dilakukan pemeriksaan terhadap kopling apakah kopling sudah tidak  center atau sudah aus.Jika demikian maka harus dilakukan penggantian kopling secara assy.




Adapun cara sederhana yang dapat disimak seperti dibawah ini:
1.Periksa secara rutin master kopling bawah pada kopling karena sering tertumpu beban berat, dan periksa kemungkinan terjadi kebocoran minyak kopling.Untuk kopling hidrolik menggunakan master kopling atas dan power clutch untuk yang dibawah.

Jika rusak atau rembes maka akan membuat perpidahan gigi transmisi a lot dan tidak bisa masuk gigi.Akan terdengar suara tidak normal saat perpindahan gigi transmisi.Jika dibiarkan maka akan membuat transmisi dan kopling akan cepat rusak.

2.Ketika terjadi kebocoran pada oli, segera ganti seal crankshaft karena jika dibiarkan akan menyebabkan selip kopling oleh oli.Hal ini juga sangat penting karena kopling itu adalah komponen kering,jadi jika terkena kotoran atau cairan yaitu oli dari kebocoran seal crankshaft maka akan membuat kopling tidak bekerja dengan baik.

Kopling akan selip dan akan membuat perpindahan gigi juga tenaga engine akan berkurang.Jika sudah demikian maka perbaiki kebocoran oli mesin yang berasal dari seal crankshaft belakang.

3.Selalu periksa tekanan pedal kopling saat diservis, yaitu saat kaki anda terasa pegal saat menginjak kopling.Jika hal ini terjadi maka kemungkinan pedal kopling sangat berat,ada yang tidak normal di system kopling.Apakah pedal kopling berkarat atau kotor sehingga pergerakan release bearing dan pedal koplingnya tidak lancar.

Selalu lumasi pedal kopling dan bagian komponen yang bergerak untuk di system koplingnya agar kaki tidak terlalu berat saat menginjak pedal kopling.Jika sering menginjak pedal kopling yang ringan maka kaki kita juga akan lebih ringan dan tidak terlalu capek.


Penyebab dan cara sederhana merawat kopling telah disampaikan pada artikel diatas. Sebaiknya rawat dengan baik kopling anda supaya lebih awet dan tahan lama. Sehingga anda lebih hemat dalam mengeluarkan anggaran service mobil anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.
Share This :