Tips Agar Suspensi Di Mobil Tidak Keras.

Tips Agar Suspensi Di Mobil Tidak Keras.


Berkendara dengan mobil yang memiliki settingan suspensi yang pas memang sudah menjadi hal yang di dambakan bagi pengendara, terutama pada kendaraan roda empat. Karena se mewah apapun kendaraan yang kita tunggangi jika settingan suspensinya tidak pas pada medan jalan yang ada di daerah kita, maka ini akan menimbulkan masalah yang serius bagi para pengendara. Misalnya saja suspensi terlelu keras atau terlalu empuk.

Untuk mobil baru mungkin hal ini tidak terlalu memusingkan kita cukup kita bawa ke dealernya, maka mobil akan mendapatkan layanan garansi. Biasanya komponen mobil akan memiliki masa expired yang sudah di tentukan pihak pabrikan mobil itu sendiri. Akan tetapi jika masa garansi sudah habis, maka inilah saatnya kita harus berusaha sendiri dalam hal perawatan mobil tersebut.

Nah bagi Anda yang belum terlalu memahami tentang suspensi, di sarankan agar mencari bengkel yang memiliki keahlian di bidang kaki-kaki mobil. Di sana Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu sebelum Anda memperbaiki mobil Anda nantinya serta pilih komponen yang cocok bagi mobil Anda. Apakah itu nanti diganti komponen yang rusak atau diperbaiki saja untuk menghemat budget untuk service.

Namun jika Anda harus mengganti komponen yang sesuai dengan keinginan Anda, sebaiknya Anda sudah paham betul dengan karakter jalanan dan kendaraan Anda. Itu pun tergantung pada keluhan suspensi kendaraan Anda tentunya. Nah jika Anda sudah mengetahui betul tentang karakteristik kendaraan Anda, berikut apa yang harus anda ketahui tentang suspensi.

1.Periksa Shock Breaker

Shockbreacker yang sudah mati atau sudah tidak berfungsi dengan baik, ini bisa menjadi penyebab utama mobil Anda terasa keras bantingannya saat melalui jalanan berlubang. Hal ini bisa di sebabkan karet seal pada shockbreaker sudah rapuh, atau sudah termakan usia sehingga oli pada shockbreacker mengalami kebocoran dan shockbreacker tidak berfungsi dengan maksimal.

Atau hidrolik pada shockbreacker sudah tidak lurus seperti sedia kala.Hal ini bisa saja terjadi saat mobil Anda melawati jalan berlubang dengan kecepatan tinggi, hidrolik shockbreacker akan mengalami bengkok meski pun sedikit ini akan berdapak buruk pada suspensi mobil Anda.




2. Periksa Karet Bantalan Shock Breaker

Meski efeknya tidak terlalu terasa pada fungsi suspensi, karet bantalan shockbreacker juga harus di perhatikan dengan serius. Karena jika karet ini sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka bukan tidak mungkin akan berpengaruh terhadap kinerja shockbreacker dan ketahanan shockbreacker itu sendiri. 

Bayangkan saja jika karet bantalan tersebut tidak lagi pres seperti pada karet yang kondisinya masih baik. Hal ini akan menyebabkan pergerakan hebat pada shockbreacker saat mobil dalam keadaan jamping dan ini juga dapat menyebabkan shockbreacker tidak kokoh saat menopang bobot kendaraan yang menghempas ke tanah, maka ini dapat menyebabkan kerusakan serius pada komponen lainnya juga.

3. Periksa Spiral Spring

Untuk point selanjutnya dalam Tips Agar Suspensi Mobil Tidak Keras adalah, per keong atau dengan kata lain per spiral. Pada per keong yang masih dalam kondisi baik ia tidak akan kaku atau sebaliknya, karena jika kondisi per keong masih dalam kondisi yang optimal, ia akan seakan hidup ketika kendaraan mengalami bantingan hebat ia tidak akan keras dan juga tidak akan terlalu empuk.


Jika per keong sudah mengalami kerusakan pada dayanya, maka sebaiknya Anda menggantinya dengan yang baru sesegera mungkin. Karena ini akan di khawatirkan berimbas pada ketahanan shockbreacker mobil Anda. Bukan hanya itu dengan tidak berfungsinya per keong secara optimal, ini juga dapat mempengaruhi kinerja arm dan kestabilan mobil Anda.

Itulah beberapa hal yang harus di perhatikan agar dapat menghidari kerusakan serius pada suspensi mobil anda.Selalu periksa komponen suspense ketika terjadi suara yang aneh saat berkendara dijalan yang tidak rata atau gelombang.Bisa jadi ada bagian suspense yang aus dan rusak.
Share This :