Hal Penting Yang Harus Di Perhatikan Untuk Kendaraan Penggerak Roda Depan

Hal Penting Yang Harus Di Perhatikan Untuk Kendaraan Penggerak Roda Depan

Banyak dari sekarang ini kendaraan menggunakan penggerak roda depan.Lihat saja untuk mobil keluaran terbaru dengan body yang besar dan juga sekelas MPV juga menggunakan engine dengan penggerak roda depan.

Di mitsubishi ada xpander dan untuk nissa ada grand livina dan juga xtrail.Dengan mobil penumpang dan body panjang maka penggerak depan sangat lebih responsif.Namun dengan penggerak roda depan maka kerja dari as yang dari transmisi ke roda jadi lebih berat.Karena selain untuk meneruskan putaran engine,tranmsisi ke roda juga sebagai tumpuan roda saat kendaraan belok.

Jadi kerja drive shat akan lebih berat terutama saat jalan tidak rata dan kondisi kendaraan belok.Hal yang sering terjadi dilapangan adalah andanya kerusakan pada cv jointnya.Dimana cv joint ini rusak karena boot kareta penutup sudah pada rusak.Grease yang ada didalam grease akan keluar dan tidak ada pelumasan di cv joint.

Yang lebih parah adalah kerusakan ketika kendaraan belok maka cv joint langsung lepas dari rumahnya.Roda akan langsung anjlok dan tidak bisa bergerak sama sekali.Jika terjadi demikian maka kendaraan tidak bisa untuk berjalan.Bayangkan jika terjadi ditempat umum kondisi jalan yang ramai.Maka kendaraan harus diperbaiki ditempat saat itu juga.

Baca juga Osigen sensor mitsubishi mirage bermasalah penyebab engine brebet

Bisa ditarik ke temat yang lebih aman dengan cara roda depan diangkar baru digeser.Karena roda kanan dan kiri sudah tidak bisa lagi satu putaran.Sebenarnya sebelum terjadi kerusakan itu banyak sekali gejala awal yang timbul.Entah itu disadari atau tidak biasanya dari driver atau pengemudi yang sering membawa kendaraan pasti akan merasakan.

Penyebab bunyi abnormal saat belok pada toyota avanza

Untuk drive shaft yang sering rusak bisa ada gejala saat kendaraan belok penuh kanan atau kiri maka akan timbul suara aneh di sekitar roda.Itu adalah suara dari cv joint yang kering sehingga perlu pelumasan.Atau dari cv joint yang sudah aus dan akan rusak.Cv joint khusus penggerak roda depan ini jika aus maka akan tidak bisa menempel dengan kuat dirumahnya sehingga akan lepas.

Periksa boot drive shaftnya dan juga selalu beri pelumasan agar tidak terjadi kerusakan dijalan.Analisa dan rasakan gejala awal untuk kendaraan yang mungkin ada perbedaan dari kondisi sebelumnya.Sehingga perbaikan dilakukan sebelum komponen itu rusak akan tetapi mengantisipasi agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah.

Info trouble Penyebab accu tekor pada mobil yang jarang orang ketahui
Share This :