Tips Agar Constan Velocity Joint Awet dan Tidak Cepat Rusak I CV Joint

Tips Agar Constan Velocity Joint Awet dan Tidak Cepat Rusak I CV Joint

Kendaraan sekarng ini banyak yang menggunakan penggerak roda depan.Tidak lagi menggunakan penggerak roda belakang yang masih memerlukan banyak komponen.Seperti propeler shaft dan differentialnya.Apabila mobil sudah penggerak depan maka tidak lagi diperlukan komponen tersebut.

Kalau di roda belakang ada as roda kanan dan kiri untuk menghubungakn roda dengan differentialnya maka untuk roda depan ada sebuah cv joint ( Constan Velocity Joint ) sebagai penggerak roda depan.Dari engine ke transmisi dan ke drive shaft tersebut.

Masih menggunakan differential untuk penggerak roda depanya akan tetapi menjadi satu kesatuan dengan transmisi.Lebih sedikit komponen dan menghemat biaya produksi.Mobil kecil memang sudah penggerak roda depan akan tetapi mobil besar sekarang juga menggunakan penggerak roda depan.

Dengan adanya cv joint tersebut maka ada bagian joint yang harus segera dilakukan pelumasan secara berkala.Joint yang baru itu ditutupi dengan sebuah boot drive shaft.Apabila boot sobek maka kerusakan cv joint akan lebih cepat karena grease sebagai pelumas akan hilang bersama putaran roda.

Untuk itu jika boot drive shaft sobek segera diganti agar grease tidak kleuar dari jointnya.Meskipun boot tidak sobek maka pelumasan joint perlu dilakukan.Mungkin karena dari mobil baru samapi sekarang boot masih bagus akan tetapi grease di cv joint bisa saja mencair.

Baca juga Penyebab mbrebet pada diesel engine I water separator

Sehingga perlu dilakukan pelumasan dengan grease baru.Apabila dibiarkan maka cv joint akan cepat rusak karena tidak ada grease sebagai pelumasan di komponen tersebut.Drive shaft selalu berputar ketika kendaraan jalan dan dapat berubah arah sesuai dengan kondisi jalan naik turun  atau steering yang kondisi belok ke kanan atau kekiri.

Battery genuine part dari KTB

Yang sering terjadi jika cv joint rusak adalah timbul suara abnormal di roda ketika stering dibelokan penuh baik itu kekanan atau kekiri.Jika demikian maka coba lumasi dengan grease baru.Apabila masih timbul suara maka harus ganti cv joint  secara assy.

Info teknik Oksigen sensor bermasalah penyebab engine brebet 
Share This :