Penyebab Rem Kadang-Kadang Ambles Pada Kendaraan I Master Rem Trouble

Penyebab Rem Kadang-Kadang Ambles Pada Kendaraan I Master Rem Trouble

Kendaraan untuk system rem merupakan hal yang sangat penting sekali.Karena merupakan suatu alat keamanan di kendaraan agar kendaraan bisa mengurangi kecepatan atau untuk berhenti.Komponen rem terdiri dari banyak komponen dan salah satu komponen utamanya adalah master rem.

Karena merupakan sentral dari system rem yang memberikan tenaga tekanan minyak rem ke semua roda dikendaraan.Maka jika sentral dari system rem yang kita sebut dengan master rem ini rusak maka system rem di roda semuanya tidak akan bekerja dengan baik.

Didalam master rem terdapat sebuah seal dan piston dimana jika kendaraan dilakukan pengereman maka piston dan seeal tersebut yang bekerja.Kerja berata dari sebuah master rem sehingga apabila seal sudah berubah bentuk atau rusak maka rem akan menjadi tidak ada tekanan.

Di pedal rem akan terasa ambles tidak ada tekanan sehingga fungsi rem tidak bekerja.Kendaraan tidak akan berhenti ketika jalan saat master rem mengalami masalah.Untuk kendaraan bisa berhenti yaitu dengan cara rem di injak beberapa kali sampai didapatkan tekanan minyak rem untuk wheel cylinder diroda agar menggerakan kampas rem untuk bekerja.

Seal ini bisa saja terjadi kerusakan entah itu sobek atau berubah menjadi mengkerut.Sobek dikarenakan piston seal yang terus bergerak maju dan kebelakang saat dilakukan pengereman sehingga timbul seal yang terbuat dari karet sobek.

Untuk seal yang berubah bentuk dikarenakan efek bahan kimia dari minyak remnya.Dari seal yang bisa menutup rapat master rem berubah menjadi seal yang bagian luar untuk bibirnya menjadi lebih mengkerut.Yang akhirnya tidak mampu menahan aliran minyak rem  saat piston master rem bekerja.

Info trouble Salah satu penyebab konslet di system electrical mobil

Minyak rem ada yang bocor melewati seal master rem dan akhirnya system rem terasa gembos dan rem tidak bekerja dengan baik.Dengan menemukan kasus seperti ini maka perlu dilakukan penggantian piston dan seal secara assy agar master rem dapat bekerja denga baik.Untuk pembelian piston rem bisa dilakukan di bengkel resmi atau partshop langganan anda.

akibat pemasangan lampu dengan daya watt yang lebih besar

Setelah diganti maka sebaiknya kuras semua minyak rem yang ada didalam selang.Dengan membuka baut bleeding yang ada di semua roda kendaraan.Sehingga nantinya dengan minyak rem yang baru dapat membuat seal di wheel cylinder dan master rem lebih awet dan tahan lama.

Baca juga penyebab head lamp kemasukan air atau ngembun I Head lamp sering putus
Share This :