Apa bedanya AC dengan sistem pendingin di mobil ?

Apa bedanya AC dengan sistem pendingin di mobil ?

Kendaraan dilengkapi dengan berbagai system sehingga dapat beroperasi dengan baik dan juga dapat memberikan rasa aman dan nyaman pada driver dan penumpang.Komponen pelengkap antara lain yaitu ada system rem,system kopling,tranmsisi,system pendingin dan juga ada system air conditioner ( ac system )

Untuk hal yang sangat penting dalam kendaraan adalah salah satunya cooling system.Dimana karena kendaraan bekerja maka akan menimbulkan panas.Untuk itu adanya cooling system atau system pendingina pada kendaraan tentunya untuk mendinginkan engine.

Ada banyak komponen diystem pendingin antara lain radiator,kipas,water pump,water jacket dan thermostat.Semua memiliki fungsi yang berbeda sehingga kerja system pendingin pada kendaraan dapat bekerja dengan baik dan engine selalu dalam posisi temperatur yang stabil.

Sama sama system pendingin untuk engine ada juga system pendingin untuk cabin atau disebut dengan air conditioner system pada kendaraan.Yaitu system ac yang dapat mendinginkan di area cacbin kendaraan sehingga udara didalam akan terasa sejuk dan segar.

Pengemudi dan penumpang akan merasa nyaman karena suhu udara yang sejuk dan tidak panas.Hal ini untuk ac system menggunakan komponen berbeda untuk system pendingin engine.Ac system ada sebuah kompresor,condensor,evaporator,saringan ac dan juga komponen yang lainnya.

Baca juga kerusakan yang sering terjadi pada transmisi mitsubishi canter

Ac system bekerja berdasarkan kompresi dari kompresor untuk mendapatkan tekanan yang tinggi kemudian suhu udara didinginkan oleh condensor kemudian di injeksikan dengan sebuha komponen yang kahirnya nanti ada hembusan dari blower sehingga udara yang keluar dari kisi-kisi ac menjadi segar dan dingin.

cara bleding cooling system grandmax

Suhu udara dapat distel sesuai keinginan dari 18 derajat smapai dengan 25 derajat sesuai keinginan kita.Jika kondisi diluar panas maka bisa distel keposisi yang temperatur rendah agar acbin sejuk.Begitu sebaliknya jika terasa dingin bisa distel ke posisi yang temperatur tinggi agar lebih hangat.

Dari artikel ini dapat disimpulkan tentang system pendingin engine dengan system pendingin cabin atau disebit dengan ac system.Untuk yang pendingin engine disebut dengan cooling system.

Info teknik masalah yang sering terjadi pada cooling system di mobil
Share This :