Bisakah minyak rem dijadikan minyak pawer stering?

Bisakah minyak rem dijadikan minyak pawer stering?

Di artikel kali ini saya akan membahas permasalahan yang ada pada kendaraan tentang power steering kendaraan.Kendaraan yang sudah menggunakan power steering maka akan menjadi lebih ringan saat kendaraan berbelok.Jadi lebih nyaman bagi para pengemudi terutama kendaraan besar dengan daya angkut yang banyak.

Power steering ada dua jenis yaitu power steering type hidrolik yang masih menggunakan minyak.Dan yang satunya yaitu type electric power steering.Untuk yang type elctric power steering bebas perawatan karena hampir tidak ada masalah untuk di system hidroliknya mengenai minyak power steering yang bocor.

Untuk yang type hidrolik menggunakan sebuah pompa power steering,selang-selang dan gearbox.Untuk  gearbox ini yang rentan akan terjadi rembesan sehingga akan berpengaruh terhadap kondisi power steering.Jika minyak power steering rembes dan lama-kelamaan menjadi habis maka berakibat steering akan menjadi berat.

Kadang untuk power steering hidrolik terjadi kerusakan dijalan.Mungkin karena tidak adanya peemriksaan awal dari rembesan atau kebocoran.Maka ketika kendaraan dibuat jalan seal langsung rusak dan bocor minyak langsung banyak.Maka minyak power steering yang ada direservoir akan habis tidak tersisa.

Dalam kondisi urgent seperti ini minyak yang kita gunakan yaitu harus jenisnya sama.Misal ini minyak untuk power steering maka harus menggunakan minyak power steering.Minyak ini lebih encer dari pada oli mesin.Sehingga oli mesin tidak bisa dipakai untuk minyak power steering.

Minyak power steering yang habis juga tidak bisa menggunakan sebuah minyak rem.Misal saat minyak power steering habis karena bocor dan di bagasi ada minyak rem maka hal itu tidak boleh dilakukan,Karena minyak rem dan minyak power steering sangat berbeda.

Baca juga transmisi matic mitsubishi pajero sport error saat panas

Bisa diberikan oli khusus power steering atau menggunakan oli matic dextron III.Jenis oli matic ini bisa di gunakan untuk minyak power steering yang habis.Untuk posisi urgent kadang juga ada yang menggunakan minyak goreng untuk memasak.Dalam posisi urgent dan jauh dari toko spare part maka bisa memakai minyak goreng.

remote mobil tekor akan berakibat ini

Namun setelah kendaraan berjalan dan sampai tujuan maka seharusnya wajib diganti dengan minyak power steering yang baru.Kuras semua minyak goreng yang ada didalam system power steering agar system stering kembali normal.Dengan terlebih dahulu memperbaiki seal penyebab power steering yang bocor.

Info teknik perbedaan system AC mobil dengan system pendingin kendaraan
Share This :