Nama komponen utama motor starter konvensional pada mobil

Nama komponen utama motor starter konvensional pada mobil

Komponen yang paling utama di kendaraan yang pertama kali untu memutarkan engine adalah motor starter.Bagaimana cara kerja motor starter dan komponen apa saja yang ada didalamnya.Dalam artikel ini akan saya bahas tentang komponen yang ada didalam motor starter.

Motor starter jika dilihat dari bentuknya untuk mobil terlihat hampir sama.Namun untuk typenya ada beebrapa yang berbeda jika kita lakukan pembongkaran.Kadang didalamnya ada yang menggunakan sebuah rotary gear.Dan biasanya yang menggunakan rotary gear digunakan untuk motor starter kendaraan besar.

Komponen yang ada didalamnya antara lain yaitu :

1.Rotor adalah komponen yang berputar untuk menggerakan gearnya Didalam rotor ada beberapa plat dan lilitan kabel yang nantinya jika dialiri aurs listrik akan menjadi sebuah magnet.

2.Armature merupakan sebuah lilitan yang menempel dibody rumah motor starter dan jika di aliri arus maka juga akan menjadi magnet.Sehingga ketika rotor dan armatur sama-sama menjadi magnet maka akan saling tarik menarik dan akhirnya berputar.

3.Brush bisa disebut dengan arang yang warnanya hitam dan merupakan sebagai sarana penghantar arus pertama kali dari battery ke rotor agar bisa menjadi magnet.Ketika rotor berputar juga aliran arus listrik harus tetap ada yaitu dengan dihubungkan oleh brush tadi.Yang sering cepat ganti yaitu brush ini karena gesekan terus menerus dengan rotor yang berputar maka akan cepat aus.Jika sudah aus maka motor starter saat pertama kali start tidak akan mampu memutarkan engine karena arus yang masuk kurang lancar.

4.One way clutch adalah koponen kopling satu arah yang dipasangkan di gear depan motor strater.Hanya bisa berputar satu arah dan akan mengunci putaran arah balik agar tidak terjadi induksi di motor starternya.Ketika terjadi induksi bisa  merusak komponen motor starter.

Baca juga bisakah minyak rem digunakan untuk minyak power steering

5.Magnetic switch yaitu komponen motor strater yang berupa switch untuk menggerakan gear agar bergerak ke depan dan dapat berhubungan dengan gear di flywheel.Switch ini bekerja ketika terjadi kemagnetan sehingga switch menempel dan sekaligus ada flnge yang dihubungan dengan gear dan akhirnya bisa bergeser maju menuju gear fly wheel.

pasang smartchip tarikan lebih kenceng

Demikian komponan utama motor starter pada kendaraan terutama mobil yang berfungsi untuk memutarkan engine pertama kali.Jika ada kerusakan engine tidak bisa starter terlebih dahulu cek sakering motor starternya.Cek juga kondisi battery dalam keadaan sehat atau tegangan yang drop.

Info service Bisakah kampas rem pajero sport dipasang di mitsubishi L200
Share This :