Gejala Yang Timbul Jika KAMPAS REM Mobil Sudah Tipis

Gejala Yang Timbul Jika KAMPAS REM Mobil Sudah Tipis

 

Dalam pembahasan artikel kali ini adalah tentang rem tromol pada kendaraan.Yang biasanya digunakan untuk rem bagian belakang mobil.Setiap mobil ada dua type rem yang dipasangkan di kendaraan.Yaitu type rem tromol dan type rem cakram

Ketika rem bekerja maka sepatu rem kanan dan kiri akan terdorong piston untuk mengembang sehingga menempel ditromol.Akibatnya putaran tromol akan direm untuk mengurangi kecepatan putaran tromol yang berhubungan dengan roda.

Kampas rem bergerak karena dorongan oleh piston di wheel cylinder dengan adanya tekanan minyak rem.Jadi minyak rem ditekan oleh master rem dengan bantuan kaki kita saat menginjak pedal rem.Maka kampas rem akan bergerak menekan tromol.

Sering kita jumpai ketika service rem dilakukan akan terlihat kampas rem ini sudah tipis atau belum.Karena jika kita tidak membongkar rem langsung dan melihatnya maka tidak dapat kita ketahui kondisi rem tersebut karena tertutup oleh tromol.

Untuk yang sudah berpengalaman hal tersebut bisa dilakukan dengan cara yang berbeda.Tidak harus membongkar tromol agar terlihat kondisi remnya.Namun hal tersebut dapat kita lakukan dengan insting saat menginjak pedal remnya.

Jadi setiap driver atau pemilik kendaraan yang sering menggunakan mobil itu pasti akan merasakannya.Ketika rem itu di injak dalam keadaan normal yaitu kampas rem tebal maka langkah untuk menginjak pedal rem sedikit saja maka kendaraan sudah akan berhenti.

Itu dikarenakan kampas rem terkena dorongan piston langsung menekan tromol dan jaraknya sangat dekat sehingga terasa pendek langkah dipedal remnya.Berbeda jika kampas rem sudah tipis maka bisa diketahui bahwa langkah pedal rem akan panjang dan dalam.

Info service Penyebab Temperatur Selalu PANAS Pada Diesel Engine

Apabila sudah seperti ini yaitu saat menginjak pedal rem terasa dalam maka segera periksakan kondisi rem mobil anda.Dapat dipastikan rem sudah tipis sehingga perlu penggantian kampas rem atau hanya penyetelan saja.


Hal lain bisa diketahui ketika kita menarik kabel handrem.Jika handrem terasa tinggi maka kampas rem juga tips.Karena kampas yang tipis tadi akan membuat langkah rem untuk ke tromol terlalu jauh sehingga saat menarik handrem atau rem parkir terasa panjang jumlah kliknya.Bisa karena kampas rem tipis atau hanya perlu penyetelan saja.

Baca juga Kerusakan yang sering terjadi pada TRANSMISI Truck Canter

Ini merupakan kampas rem tromol belakang yang sudah menjadi satu kesatuan dengan rem parkirnya.Karena ada juga mobil yang rem parkir tidak menjadi satu kesatuan dengan rem tromol bagian belakang.

Share This :