Cara Pengoperasian HEAD LAMP WASHER Pada Mitsubishi All New Pajero Sport

Cara Pengoperasian HEAD LAMP WASHER Pada Mitsubishi All New Pajero Sport

Kendaraan dilengkapi dengan washer pada kaca depan.Ini berfungsi untuk membersihkan kaca depan ketika kotor atau berdebu.Agar padangan driver tidak terhalang sehingga dengan washer akan keluar air di kaca dengan cara disemprotkan air oleh motor waher ke selang dan ke lubang jet washernya.

Motor washer ada di tampungan washer dan ada selang untuk mengalirkan air yang akan di semprotkan ke kaca depan kendaraan.Untuk membersihkan sisa air maka digunakan karet wiper.Dan wiper ini juga ada motor wipernya untuk menggerakan tuas wiper tersebut.

Kendaraan tertentu dan biasanya untuk type tertinggi dan fitur lengkap sudah dilengkapi dengan head lamp washer.Ada yang tidak mengerti bahwa pemilik kendaraan ternyata kendaraanya dilengkapi dengan head lamp washer.Dan cara pengoperasinya pun hampir tidak tahu dan juga tidak pernah menggunakanya.Untuk itu artikel ini saya tulis semoga bermanfaat untuk para pemilik kendaraan yang sudah dilengkapi dengan head lamp washer.

Info service Alasan mengapa engine perlu dilakukan over houle

Ciri-ciri kendaraan sudah dilengkap dengan head lamp washer yaitu pada lampu kepala bagian bawah sudah ada rumah untuk nozle jet washernya.Biasanya ada tutupnya yang timbul terhadap bumper kendaraan.Karena untuk washer nozle berada di bumper depan dibawah head lamp kendaraan.Jika dioperasikan maka washer nozle akan keluar dari bumper karena dilengkapi dengan motor nozle.

Untuk motor washer antara kaca dan head lamp berbeda.Memang lokasinya ada di washer tank dan untuk motor washernya terpisah tersendiri.Jika head lamp washer tidak mengalir saat dioperikan bisa saja selang tersumbat atau putus.Untuk nozle yang tidak bisa keluar dari rumahnya maka bisa jadi motor nozle rusak sehingga tidak dapat mendorong rumah nozle ke luar dari bumper.

Cara pengoperasianya cukup mudah yaitu dengan syarat untuk head lampnya posisi menyala.Kalau hanya lampu kota yang menyala maka head lamp washer tidak akan berfungsi untuk menyemprotkan air ke head lamp.Meskipun kunci kontak pada posisi ACC dengan head lamp menyala dan switch khusus head lamp washer dinyalakan maka air akan keluar dari nozle untuk membersihkan kaca dari head lamp.

Tips dan Info Hal penting yang harus diperiksa pada kendaraan ketika akan perjalanan jauh

Tidak perlu membersihkan air sisa semprotan di kaca head lamp karena nanti akan kering dengan sendirinya.Yaitu efek panas dari pantulan cahaya lampu head ang terang.Posisi switch untuk mengaktifkan head lamp washer jadi satu bersama dengan switch head lamp.Lokasinya sama namun dengan cara pengoperasian yang berbeda.

Head lamp washer biasanya digunakan ketika kendaraan melewati jalan ang berdebu atau kondisi saat hujan.Karena kotoran menutupi lampu sehingga pandangan akan tidak jelas karena sinar lampu tertutup oleh kotoran tersebut.Nah dengan cara mengperasikan head lamp washer maka lampu akan terang kembali dan kondisi jalan akan semakin jelas.

Baca juga Penyebab kebocoran oli transmisi pada kendaraan mitsubishi L300
Share This :