Penyebab Ban Belakang Kendaraan Cepat Aus Bagian Dalam,Ternyata Ini Penyebabnya

Penyebab Ban Belakang Kendaraan Cepat Aus Bagian Dalam,Ternyata Ini Penyebabnya

Kendaraan sedan dan yang saya bahas di artikel kali ini adalah mitsubishi lancer.Dimana ada keluhan dari customer yang ban belakangnya cepat sekali aus bagian dalam.Baik itu roda kanan atau roda kirinya untuk ban bagian belakang.Biasanya untuk ban yang cepat aus adalah ban bagian depan bukan yang ban belakang.

Ternyata dari kendaraan sedan mitsubishi lancer ini menggunakan penyetelan spooring untuk roda belakangnya juga.Tidak hanya depan namun juga roda belakang perlu dilakukan spooring jika terjadi trouble demikian.Karena ban sendiri harganya lumayan menguras kantong maka perlu sekali dilakukan spooring jika mengalami trouble atau masalah ban roda belakang cepat aus.

Yang perlu diperiksa pertama-tama adalah kondisi dari tie rod dan bhusing sayapan roda.Baik roda kanan atau kiri,jika ada yang sudah rusak maka perlu diganti.Cek juga kondisi bearingnya apakah kocak atau masih dalam posisi yang kencang.Karena jika ada salah satu kondisi bearing atau bhusing yang kocak maka penyetelan spooring tidak akan maksimal.

Tips dan Info Hal yang perlu diperiksa pada kendaraan saat perjalanan jauh

Setelah semua komponen yang rusak terutama bhusing dan bearing sudah normal maka lakukan proses spooring.Ban belakang untuk toe in nya dibuat standar kurang lebih +0,5 atau dibuat 0.Karena jika terlalu toein akan membuat ban cepat aus bagian dalam.Chamber juga dibuat + 0,5 agar posisi roda tidak terlalu miring.

Banyak modif kendaraan untuk roda belakang dibuat chamber lebih banyak yang nantinya akan berpengaruh terhadap keausan ban bagian dalam.Memang untuk segi kenyamanan sangat kurang untuk ban yang dibuat chamber terlalu banyak untuk roda belakang.

Pernah terjadi dikendaraan saat ban makan dalam,keausannya sangat besar dan setelah dilakukan spooring tanpa pemeriksaan bagian bhusingnya.Ternyata beberapa minggu terlihat keausan ban dibagian yang sama.Untuk itu pemeriksaan suspensi perlu dilakukan sebelum dilakukan proses spooring.Apabila tidak dilakukan maka proses spooring akan percuma.

Saat ban makan dalam tadi setelah diperiksa dengan spooring ternyata untuk toe innya lebih besar dari +3.Jadi terlihat ban roda belakang lebih menciut kedalam jika dilihat dari depan.Seharusnya ban lurus terhadap body kendaraan.Hal ini dikarenakan bhusing sayapan sudah pecah sehingga sayapan bergeser dari dudukanya.

JIka ini terjadi pada kendaraan anda yang mengalami masalah ban belakang makan tidak rata,terutama ban aus bagian dalam untuk roda belakang bisa jadi dari komponen yang sudah saya jelaskan di atas.Semoga bermanfaat dan bisa jadi referensi pengetahuan dan pengalaman pada kendaraan anda.

Baca juga Penyebab kebocoran oli transmisi pada kendaraan mitsubishi pick up L300
Share This :