Berikut Tanda dan Gejala Fuel Pump Lemah Pada Mobil Injeksi

Berikut Tanda dan Gejala Fuel Pump Lemah Pada Mobil Injeksi


Kendaraan dengan system injeksi pasti menggunakan yang namanya fuel pump.Dimana kendaraan injeksi salah satu syarat untuk agar kendaraan dapat hidup adalah dengan tekanan bahan bakar yang cukup dari injector.Untuk itu diperlukan adanya pompa bahan bakar untuk mendorong bahan bakar bertekanan ke injector

Pernah saya alami trouble saat kendaraan berjalan jauh dan kondisi mesin sudah panas.Engine disini tidak langsung mati namun tiba-tiba kendaraan tidak bisa digas atau diakselerasi.Engine hunting dan brebet seketika namun setelah kendaraan berhenti dan di diamkan beberapa menit engine normal kembali.Dengan trouble seperti ini kemungkinan adalah dari komponen yang berhubungan dengan temperatur atau panas.

Stasioner normal kembali dan tidak terjadi engine mbrebet ketika kendaraan dihentikan beberapa menit.Setelah itu kendaraan dibuat jalan lagi dan dengan jarak yang cukup jauh tidak timbul trouble.Hal ini yang membuat kesulitan dalam menganalisa suatu masalah atau trouble shooting dikendaraan.
Dengan pengalaman dan jam terbang yang lama saya membuat analisa yang menuju ke trouble tersebut.Sering kali menemukan kasus yang sama pada kendaraan.Yaitu engine mbrebet namun dengan cara perbaikan yang berbeda sehingga cara perbaikanya juga dengn cara yang sama namun kemungkinan komponen yang rusak berbeda.

Langsung dilakukan analisa kendaraan dari mana saja komponen yang akan diperiksa sbb:

1.System Pengapian.

Kabel busi di periksa tahananya dengan menggunakan sebuah ohm meter.Ada yang putus atau tidak dari hubungan kabel busi tersebut.Jika tahanan normal maka langsung cari penyebab yang lainnya.Biasanya untuk kabel busi yang sudah rusak tahanan dari kabel tersebut sangat tinggi bisa sampai 80 kilo ohm.Meskipun kondisi kabel bagus namun tahan yang tinggi membuat tegangan dari coil tidak maksimal untuk ke busi.

Periksa busi kendaraan apakah ujung electrodanya masih bagus atau sudah aus.Jika sudah aus maka sebaiknya lakukan penggantian,dengan cara dicek kondisi busi secara visual apakah sudah berubah warna coklat kehitaman.Apabila sudah seperti itu maka busi sudah over heat dan perlu dilakukan penggantian.Untuk busi yang sudah aus jika masih bisa dilakukan penyetelan maka lebih baik distel terlebih dahulu agar menghemat biaya.

2.System Bahan Bakar

Filter bensin juga perlu diperiksa apakah sudah kotor atau tidak.Lebih baik sekalian dibersihkan agar saluran bahan bakar kembali lancar sehingga tekanan bahan bakar tidak terganggu.Untuk filter bensin kebanyakan tidak diganti untuk filternya khusus filter bensin.Cukup dibersihkan saja secara berkali-kali sampai bersih.Menggunakan bensin juga untuk membersihkanya sehingga akan kembali seperti baru kembali.

Filter bensin yang jarang dibersihkan akan berwarna coklat hitam jika ditiup dengan angin bertekanan.Dengan cara dibilas berkali-kali akan membuat nanti fiter bensin menjadi bersih.

Terakhir adalah untuk pompa bahan bakarnya yang rusak.Memang tidak bisa diprediksi pompa bensin yang rusak jika troubelnya seperti di atas yang timbulnya kadang-kadang.Karena fuel pump merupakan spare part electronic sehingga kapan rusaknya tidak bisa ditentukan.

Berbeda jika trouble engine mati dan bahan bakar tidak mengalir maka perlu diperiksa dari pompa bahan bakarnya.Jika pompa bahan bakar tidak bekerja maka dipastikan pompa bahan bakar tersebut mati dan perlu harus diganti.Bensin yang tidak keluar dari tangki dapat dipastikan dari pompa bahan bakarnya jika electrical sudah normal termasuk tegangan yang masuk ke fuel pump.

Maka untuk itu dengan berbagai pengalaman seperti ini troublenya maka saya analisa adalah ganti fuel pump.Meskipun tekanan fuel pump bagus dalam kondisi dingina tetapi dalam kondisi panas maka akan lemah.Penyebab fuel pump lemah ini makan takanan bahan bakar akan berkurang sehingga menyebakan engine mbrebet.
Dengan didiamkan beberapa saat maka pompa kembali dingin dan bekerja dengan normal.Untuk itu trouble engine mbrebet yang kondisi engine panas dengan rentan jarak tertentu maka perbaikanya adalah ganti fuel pump atau pompa bahan bakarnya.Dengan ganti komponen ini trouble dikendaraan tidak terjadi lagi dan engine sudah normal kembali.

Dengan gejala tersebut maka dipastikan dengan ganti fuel pump trouble hilang dan kendaraan akan normal kembali.Semoga bermanfaat dan tentunya jangan lupa bagikan jika artikel ini dapat bermanfaat untuk para pecinta otomotif dan pemilik kendaraan.
Share This :